Jumat, 29 November 2013

Sejarah Kubu


Menurut penuturan orang orang tua dikubu, asal nama daerah ini adalah Sungai baung. Sungai baung adalah sungai yang mebelah kecamatan kubu saat  ini. Konon dinamakan Sungai baung karena ikan baung paling banyak disungai ini. Awal pertama diresmikan pada tahun  1667 masehi bertepatan dengan tahun 1084  hijriyah. dan dari catatan dan ingatan tetua dikubu penduduk sungai baung berasal dari PADANG NUNANG atau dari suku minang RAO. Mereka datang satu rombongan yang dipimpin oleh TUANKU DATUK RAJA HITAM dari keturunan bangsawan di  Padang Nunang. Rombongan ini berjumlah 70 orang.

Bersama dengan rombonan ini diantara mereka adalah :
1. Datuk Raja Hitam
2. Datuk Kancil
3. Datuk Morah Pelangi
4. Datuk Penghulu Mosi
5. Panglima Sati (Datuk Amin Putera)
6. Panglima Sutan Kaleno
7. Panglima Hundero

Datuk Raja hitam membuka sungai baung dan menjadikannya sebuah negeri dipinggir sungai yang kemudian di namakan dengan TANJUNG SONO. Mengawali pembukaan tempat pemukiman itu  Datuk Kancil yang bertugas sebagai tabib mengadakan acara ritual yang diberi nama TOTAW MENOTAW. Setelah selesai acara penotawan itu maka sungai baung diresmikan namanya menjadi Kubu. Acara ini  sampai saat ini cukup dikenal dikalangan penduduk.

Ada catatan menarik berkaitan dengan kisah totaw menotaw ini. Datuk kancil sebagai datuk dari acara totaw ini mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam acara tersebut. Diantaranya seekor kambing dan daun juang-juang. Setelah seles menotaw tempat yang dimaksud, besok pagi terlihat suatu kejadian aneh yang  mencengangkan masyarakat yang menyaksikan nya. Sepanjang tepi sungai tumbuh kayu yang berbaris rapat seperti pagar bagikan ada yang menyusun nya. Dan daun juang-juang yang dipergunakan untuk bahan menotaw tersebut tumbuh menjadi sebatang pohon besar. Sementara itu, ditempat acara terlihat jejak-jejak dari dua binatang yang berbeda. Arah kedarat terlihat jejak harimau sedangkan arah kesungai terlihat jejak buaya.

Tatkala datuk kancil melihat jejak ini, beliau termenung seperti memikirkan sesutu. Dan kemudian terdengar dia berujar “Orang kubu tidak pernah dikalahkan oleh manusia,kecuali oleh harimau dan buaya”. Perkataan Datuk Kancil ini sering diingat oleh para  orang-orang tua secara turun temurun, dan memiliki makna yang dalam bagi  pandangan hidup orang-orang kubu. Dari pagar yang tumbuh sepanjang sungai itu pula kemudian daerah ini dinamakan dengan Kubu.

Sejak  saat itu sungai baung yang sudah berganti nama menjadi kubu mulai dikenal oleh daerh dan kerajaan lain, terutama kerajaan yang berada di Sungai Rokan seperti kerajaan bangko dan tanah putih, malahan sampai kenegri JOHOR (Malaysia). Pada tahub 1679 rombongan dari johor yang dipimpin oleh Datuk Gafar mengunjungi Kubu. Mereka diterima baik oleh Datuk Raja Hitam dan ditempatkan didaerah SUNGAI PINANG dan sekitarnya. Diantara rombongan itu terdapat juga orang-orang seperti :

1. Datuk Raja Gafar
2. Datuk Latif
3. Datuk Abdullah
4. Panglima Kadono
5. Panglima Anam

Pertemuan kedua rombongan yang berlainan daerah ini kemudian menjadikan daerah ini mulai ditatadari segi kepemerintahannya. Layaknya sebagai sebuah kerajaan daerah ini disusun dan dirumuskanlah undang-undang dan aturan, adat istiadat yang berlaku dan diberlakukan. Jadilah negeri ini sebuah negeri yang berdaulat yang memiliki administrasi yang lengkap.

Sebagai sebuah kerajaan diangkatlah pertama kali DATUK RAJA HITAM sebagai raja (wafat tahun 1708) dengan perdana menteri pertama DATUK GAFAR atau digelar juga dengan datuk bendahara (wafat tahun 1710).

Pada tahun 1730 kerajaan kubu dipimpin oleh BANDA JALAL yang diberi gelar dengan JOHAN PAHLAWAN.Kepemimpinan johan pahlawan tidak berlangsung lama, karena sering terjadi kekacauan dan kejahatan seperti perampokan yang meresahkan penduduk. Pertikaian antara raja Megat makhota dengan Banda Jalal kemudian didamaian oleh Sultan Siak Sri Indrapura (raja kecil,1723-1746). Maka pada tahun 1893 dibentuklah dewan DATUK EMPAT KERAJAAN KUBU :

1.    Suku Rawa bergelar JAYA PERKASA
2.   Suku Ambaraja bergelar INDRA SETIA
3.   Suku Aru bergekar PADUKA SAMA RAJA
4.   Suku Bebas bergelar INDRA BANGSAWAN

Dewan datuk empat tercatat dalam kitab BABUL KAWAAID (Pintu segala pegangan) yang disusun dizaman Sultam Syarief Kasim Abdul Jalil Syaifuddin (1889-1908) Sultan Siak Sri Indrapura yang ke 11.

Di masa menghadapi penjajahan belanda, Sultan Siak menyempurnakan administrasi kerajaan-kerajaan yang dibawah taklukannya termasuk kerajaan kubu, dan menjadikan kubu sebagai wilayah provinsi. Setelah Indonesia merdeka, kerajaan kubu yang semula sebagai wilayah provinsi berubah menjadi kecamatan dan termasuk wilayah kewedanaan Bagan Siapi-api.



6 komentar:

  1. Sebelumnya anda harus memahaminya dn mengerti soal sejarah kubu
    coba lebih dalam ditanya sama ninik mamaknya soal sejarah yg bisa diambil
    itu kesalahan soal keaslian penduduk kubu yg dibawakan oleh suku minang
    sebelumnya orang kubu sudah menempati tempat tersebut dari suku malay yg berasal dari johor baru kedatangan dari suku minang
    coba diperbaiki lagi
    londei londei...
    cirik aramm

    BalasHapus
  2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  3. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  4. Bapak atau ibuk iko uang asli kubu yo ??
    Saya uang kubu jugo cuman awak tak tau apo2 doh tentang kubu ko karna awak kelahiran 1996 kan , maksud awak ko nak melanjutkan tugas akhir kuliah nak mengangkat tentang sejarah 4 suku yg ado di kubu ko beserta dgn sejarah kubu jugo , bisa nak mintak tolong samo ibuk atau bapak ??

    BalasHapus